Merawat Kristal Mani Gajah

KRISTAL MANI GAJAH ASLI

Karakter atau ciri khas utama dari Batu kristal Mani Gajah adalah :

  • Berminyak
  • Tingkat kekerasan Rendah, Sekitar 4 dalam skala Mohs
  • Retak Seribu, Pecah Seribu, dan Berpori

Oleh sebab itu, jika Batu kristal Mani Gajah sering bersentuhan dengan keringat (Peluh), maka dia akan cepat kusam. Jadi Agar Kristal anda tetap mengkilap, ada baiknya secara rutin Kristal anda di bersihkan atau di gosok dengan kain lembut, semacam kain kaos atau Kain untuk Lap Mobil. Dan saya sarankan, agar digunakan dalam event-event yang penting saja, atau kurangi bersentuhan dengan kulit yang sedang berkeringat.

Dan karena karakternya yang Retak Seribu, Pecah Seribu, dan Berpori. Maka hindari terkena cairan berwarna, oli, dll. Karena dia dapat menyerap warna cairan tersebut dan merusak keindahan batu kristalnya.

Jangan terlalu sering melakukan Test Batu dengan air jeruk atau air cuka, karena akan mengakibatkan batu cepat kusam dan juga keropos.

Untuk mengkilapkannya boleh juga menggunakan Bahan dari Kertas serbuk intan (Diamond Poweder) – bisa di beli di toko gemstone- atau menggunakan daun pisang kering.

Dan karena karakternya yang mudah pecah, maka berhati-hatilah saat memakainya. Jadi Bagi anda yang sudah mengambil kristal Mani Gajah khususnya yang Model Pendulum dari saya, perlu diketahui bahwa kristal tersebut mudah pecah apalagi dengan bentuknya yang besar seperti pendulum maka resiko untuk pecah juga semakin besar. Oleh karena itu harap berhati-hati bila anda membawanya. Namun seandainya kristal anda pecah. Sebenarnya kristal anda masih bisa digunakan.

Misalnya dengan menyatukan kembali bagian-bagian yang pecah dengan Lem Besi Yang berwarna Jernih, misalnya Lem Alteco, dll. Atau bagian-bagian yang pecah tersebut di bentuk ulang menjadi asesoris lain.

Jadi, jangan membuang pecahan kristal tersebut. tetapi bawalah ke pengrajin batu akik (Gemstone) untuk di asah dan dibentuk kembali dalam ukuran yang lebih kecil, dan dalam bentuk yang berbeda. Umpamanya dibentuk liontin untuk anting ataupun untuk batu cincin. Dan itulah sebenarnya keuntungan bagi anda. Yang memesan Kristal Mani Gajah dalam bentuk pendulum. Karena ukurannya yg gede, maka kristal tersebut masih bisa di potong lagi menjadi lebih dari satu untuk ukuran yang lebih kecil…

Dan bila anda ingin membentuk dan mengasahnya sendiri, umpama dibuat mata cincin.. Gunakan ampelas ukuran 100…untuk tahap pembentukan… kemudian lanjut dengan ampelas 500.. untuk tahap penghalusan pertama… trus tahap pemolesan/penghalusan Final dengan menggunakan ampelas Grade 1000….. Dan terakhir tahap pengKilapan dengan kertas yang ada bubuk inten/diamond powder.. atau pake daun pisang kering… Atau pake batu ijo dengan digosok di kain….

Nb. Walau kristal Mani Gajah yang anda ambil dari saya pecah dan hancur menjadi serbuk sekalipun. Power dan khasiatnya masihlah tetap sama. Bahkan pernah ada salah satu Tabib dari Surabaya yang mengambil kristal Mani Gajah dalam bentuk Bongkahan (Raw), yang cara penggunaannya dengan memanfaatkan serbuknya saja. Jadi, batu digosok dengan ampelas (Kertas Pasir), kemudian serbuknya ditampung dan digunakan. Katanya sih untuk Pelaris dan juga pengobatan.

TIPS MENGKILAPKAN MUSTIKA MANI GAJAH YANG KUSAM
Kristal Fosil Mani Gajah mempunyai ciri khas yaitu jika digosok dengan tangan akan seperti berminyak. Sifat alami ini membuat Mustika Mani Gajah jika lama dipakai semakin lama akan semakin kusam dan hilang kecemerlangan penampilannya, karena efek bergesekan dengan kulit tubuh.

Untuk Mustika Mani Gajah yang sudah Kusam, Cara mengkilapkannya kembali adalah dengan menggosoknya kembali dengan Amplas/Kertas Pasir Grade 1000 ke atas, jika ada Yang Grade 2000 tentu lebih baik. Dan setelah di amplas, barulah di gosok kembali dengan Diamond Powder / Serbuk Intan. Dengan demikian, Mustika Mani Gajah anda akan Kinclonx kembali.

Nb.
Jangan langsung digilapkan dengan serbuk intan. Tetapi dahului dengan amplas halus lebih dahulu seperti petunjuk saya di atas. Karena jika digosok dengan abu intan tanpa di amplas dulu, maka efek Body Glass tidak akan keluar, dan Mustika Mani Gajah anda akan tetap kusam dan kurang cemerlang.

Sekian, Terima Kasih, dan semoga bermanfaat.

Selamat mencoba

One thought on “Merawat Kristal Mani Gajah

  1. Pingback: Magnetic Power Kristal Mani Gajah | Aura Pesona Kristal Mani Gajah

Comments are closed.